Tapis Lampung Sai Helau ~ Tapis Lampung Yang Indah


Halo masbro dan mbakbro ketemu kita lagi. Kali ini mau bahas kain tapis yang terkenal di lampung, beberapa waktu lalu teman sempat bertanya apasih yang menjadi ciri khas, yang sekira orang melihat sesuatu langsung bisa menyebutkan atau mengingat Lampung. Menurut pandangan gue sih kain tapis, kain yang indah ketika pertama kali ane liat temen sewaktu di Sekolah Dasar ( SD ) melakukan tarian adat. 

Tapis Lampung dikenal sebagai kerajinan tradisional masyarakat Lampung, dalam pengerjaannya gak mudah dan memakan waktu yang cukup lama dan melalui tahap-tahap waktu yang mengarah kepada kesempurnaan teknik tenunnya, banyaknya teknik tenun ini mengarah ke perkembangan kebudayaan masyarakat. Tapis Lampung biasanya dibentung menjadi sarung, menurut sejarah sejak abad ke-2 Sebelum Masehi orang Lampung sudah gemar melakukan tenun, dengan teknik kait dan kunci banyak motif yang sudah ada seperti pohon hayat, dan bangunan yang berisikan roh manusia yang telah meninggal. Juga terdapat motif binatang, matahari, bulan serta bunga melati. Dikenal juga tenun kain tapis yang bertingkat, disulam dengan benang sutera putih yang disebut Kain Tapis Inuh, hal ini di katakan oleh sejarawan asal Belanda Van der Hoop.

Tapis Lampung Jaman Dahulu.





Seiring perjalanan waktu tapis kain sarung terbuat dari tenun benang kapas dengan motif atau hiasan bahan sugi, benang perak atau benang emas dengan sistim sulam istilahnya kalau di Lampung itu cucuk. Macam dan kaya akan motif alam, flora, fauna, rumah, siger, dan masih banyak lagi karna gak ada batasan imajinasi dan kreasi, seniman pencipta jelas mempengaruhi hasil ciptaan yang mengambil ide-ide pada kehidupan sehari-hari yang berlangsung disekitar lingkungan seniman dimana ia tinggal atau di lingkungan di saat melakukan pembuatan kain tapis ini. Salah satu motif yang cukup terkenal adalah bintang perak. Bintang perak ini merupakan motif yang dipakai oleh para gadis untuk acara begawi (pernikahan). Dengan demikian, konsep strata dalam masyarakat Lampung pada jaman dulu dapat dilihat dari motif kain tapisnya tapi itu jaman dulu berkembang nya jaman kain tapis gak hanya buat keluarga kerajaan aja , tapi sudah bisa di gunakan oleh masyarakat Lampung.

nah ini ada gambar proses pembuatan kain tapis lampung, dari sahabat blogger sigoese




Perkembangan dan perubahan juga terjadi pada bentuk fisik dan ragam motif Kain Tapis. Hal ini secara mudah dapat dilihat dari semakin beragamnya derivasi produk Kain Tapis. Jika pada awalnya produk Kain Tapis hanya berupa kain sarung adat dan dibuat hanya untuk memenuhi keperluan adat, maka saat ini produk Kain Tapis telah mengalami modifikasi dan diversivikasi sehingga tercipta berbagai produk seni kerajinan Kain Tapis, seperti busana muslim, hiasan dinding, kaligrafi, perlengkapan kamar tidur, tas, dompet, kopiah, dan lain.





Selain menjadi pakaian adat, kain tapis ini menjadi sala satu daya tarik juga kan sebagai hiasan atau menjadi souvenir, beberapa kegiatan yang biasa menggunakan kain tapis di masyarakat Lampung sih sering ane liat pada saat upacara adat, pernikahan, menampilkan tarian Lampung namun jarang ada yang menggunakan dalam kegiatan sehari hari karna bobot kain ini dan teksture nya mungkin kali ya, sekit kita review pengggunaan kain Tapis Lampung ini.




Sedikit yang bisa ane sampaikan sama semua, inilah kain tapis Lampung jika agan singgah dan mampir sempatin buat melihat dan kalau ada rejeki di beli buat cinderamata yang khas Lampung. Buat yang masih ingat ajang pencarian perempuan tercantik seantero Nusantara, kita sebut saja Puteri Indonesia 2014, yang acaranya kemarin mengusung tema "Pesona Sumatera" untuk finalis 10 besarnya tampak anggun dalam balutan gaun malam yang terbuat dari tapis Lampung.

koleksi tribunnews
koleksi tribunnews
Inilah kain tapis kebanggan Lampung yang indah, yuk biasakan mengenal adat buadaya daerah sendiri boleh di share jadi kita bisa tau juga kain kebanggan daerahmu. regards and big thanks guys sudah luangin waktunya untuk membaca.
Description: Tapis Lampung Sai Helau ~ Tapis Lampung Yang Indah
Rating: 4.5
Reviewed by: Unknown
On: 20.42

5 komentar

Cakep banget yaaaaaa :D

Hai ..
Tulisan yang menarik :)
Yuk gabung di Tanyain.com
Disana kamu bisa buat tulisan yang menarik dan juga promosi blog kamu
Selain itu, kamu juga bisa bebas berinteraksi dengan sesama pengguna layaknya di jejaring sosial :)

cantiiiik bangeet...saya pecinta wastra Indonesia dan punya beberapa koleksi Tapis Lampung...termasuk punya nenek yang masih ada logam di bawahnya..super duper classic yet beautiful...cantik! TFS dan salam kenaaal yaaa...

wah classic banget sista, buat anak cucu bisa tau sejarah akan tapis nya

salam kenal sista :)

salam silaturahim ya..

Salam.. Tabik.

TOP